Google
 

Wednesday, October 2, 2013

Pencegahan Kanker Pada Wanita

>

Tips Pencegahan Kanker Pada Wanita 

Kanker adalah golongan penyakit yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel yang diluar kontrol. Ada lebih dari ratusanjenis kanker yang berbeda, dan masing-masing diklasifikasikan berdasarkan jenis sel yang awalnya terpengaruh. Kanker menjadi merugikan tubuh ketika sel-sel yang rusak melakukan pembelahan yang tak terkendali untuk membentuk benjolan atau massa jaringan yang disebut tumor (kecuali dalam kasus leukemia di mana kanker melarang fungsi darah yang normal dengan pembelahan sel yang abnormal dalam aliran darah).

Tumor bisa tumbuh dan mengganggu pada pencernaan, saraf, dan sistem peredaran darah, dan dapat melepaskan hormon yang mengubah fungsi tubuh. Tumor yang berada pada satu tempat dan hanya mengalami pertumbuhan yang terbatas umumnya dianggap sebagai tumor jinak.

Berbagai jenis Kanker juga bisa terjadi pada wanita dan perlu menjadi perhatian bagi kaum perempuan. Berbagai jenis kanker tersebut antara lain, kanker payu dara, kanker rahim, kanker paru-paru, kanker kulit dan kanker kolorektal dan lainnya.

Untuk mengurangi risiko dari terjadinya kanker pada diri anda, anda dapat melakukan beberapa tips pencegahan kanker, antara lain yang bisa anda lakukan adalah

  • Jangan merokok. Karena penggunaan rokok dari jenis tembakau menempatkan diri anda terhadap terjadinya kanker paru-paru, kanker saluran nafasr. Sebisa mungkin hindarilah diri anda dari paparan asap rokok. 
  • Menjaga berat badan yang sehat. Hilangkanlah kelebihan berat badan anda dan menjaganya tetap pada berat badan ideal atau normal dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker seperti kanker kolon, kanker rektal. 
  • Lakukan aktifitas olahraga. Olahraga selain dapat menjada dan mengendalikan berat badan ideal, aktivitas fisik olahraga sendiri juga dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker. 
  • Makan lebih banyak buah dan sayuran. dengan memakan buah dan sayuran akan dapat memperlancar pencernaan anda sehingga apat membantu mengurangi risiko terjadinya kanker. 
  • Hindari paparan sinar ultra violet dari paparan sinar matahari secara langusng. Ketika Anda berada di luar ruangan, gunakanlah pengaman dan tutupi kulit terbuka anda dengan kain atau alat lain dan gunakanlah losion anti sinar ultra violet pada siang hari antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Dengan demikian anda dapat terhindar dari kanker kulit.
  • Batasi konsumsi alkohol. Alkohol merupakan faktor risiko berbagai jenis kanker - termasuk kanker payudara, usus besar, paru-paru, ginjal dan hati - semakin tinggi jumlah konsumsi alkohol seseorang meningkat dengan jumlah alkohol dan semakin lamanya seseorang mengkonsumsi alkohol maka semakin tinggi pula resiko seseorang terkena kanker.
  • Menyusui bayi. Menyusui dapat membantu mengurangi risiko kanker pada kanker payudara. 
  • Lakukan pemeriksaan sedini mungkin. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk melakukan pemeriksaan mammogram secara teratur dan pemeriksaan screening lainnya untuk mendeteksi secara dini adanya kanker. Dengan mengetahui secara dini seingga dapat melakukan tindakan pengobatan yang tepat dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker.
 http://e-medis.blogspot.com

2 comments:

Unknown said...

bagus artikelnya

kunjungi juga donk http://www.duniasehat.web.id/2014/10/apa-itu-angin-duduk.html

Unknown said...

Artikel ini sangat bermanfaat.
Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi ya jualan saya kaos kaki muslimah klo ada yang mau silakan berkunjung :) moga makin banyak penunjung blognya