Google
 

Wednesday, October 2, 2013

Manfaat Buah Naga Buat Kesehatan

>

Khasiat dan Manfaat Buah Naga

Mengulas tentang Khasiat dan Manfaat Buah Naga ada banyak sekali manfaat buah naga bagi kesehatan yang mana manfaat dari buah naga ini adalah sangat erat dengan kandungan dan nilai gizi yang terkandung dalam buah naga. untuk mengerti manfaat buah naga secara detail mari kita simak juga secara detail seluk beluk tentang  buah naga dan manfaatnya yang sangat besar bagi kesehatan.
Buah naga adalah sebuah tanaman yang juga dikenal dengan nama Pitaya adalah sebuah tanaman dengan buah yang menakjubkan dan indah dalam hal warna dan bentunya. Buah naga tidak hanya menarik tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral, mengusir kolesterol jahat dan memperbaiki kolesterol baik, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya ingat, membantu dalam diet penurunan berat badan dan berbagai manfaat kesehatan lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.
Semua khasiat dan manfaat dari buah naaga tidak lepas dari kandungan nutrisi dan zat gizi yang ada pada buah naga. Dari hasil studi, mengatakan bahwa kandungan nutrisi yang ada dalam 100 gram buah naga adalah sebagai berikut : Niacin - 1.3 mg, Riboflavin - 0.044 mg, Thiamine - 0.0 mg, Vitamin C - 9 mg, Vitamin B3 - 0.43 mg, Vitamin B2 - 0.045 mg, Vitamin B1 - 0.043 mg, Iron/zat besi- 0.65 mg,  Fosfor - 36.1 mg, Kalsium - 8.8 mg,  Karotin - 0.012 mg, Serat Sederhana/fiber - 0.9 g, Lemak- 0.61 g, Mineral - 0.28 g, Protein - 0.229 g, vitamin pelembab/Moisture - 83 g, nutrisi lainnya- 0.68 g.
Dari kandungan nutrisi yang ada pada buah naga, maka beberapa manfaat dan khasiat buah naga antara lain sebagai berikut :
Kandungan nutrisi Multi Vitamins dan antioksidan
Adanya kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah naga dapat membantu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh, yang mana radikal bebas adalah merupakan molekul yang dapat menyebabkan kanker, masalah kardiovaskular dan masalah kesehatan lainnya. Vitamin C di dalam tubuh juga berfungsi meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh, membantu dalam proses penyembuhan memar dan luka dengan cepat.
Vitamin B2 yang ada dalam buah naga dapat membantu dalam memperbaiki dan mengembalikan hilangnya nafsu makan. Kandungan Vitamin B1 dalam buah ini berfungsi membantu tubuh dalam meningkatkan produksi energi dan juga dalam kelancaran proses metabolisme karbohidrat. Nutrisi Vitamin B3 dalam buah naga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga meningkatkan  penampilan kulit dalam menghaluskan dan melembabkan kulit
Kandungan Serat Kasar
Buah naga merupakan sumber serat yang baik. Ketika buah naga dikeringkan, kadar seratnya akan meningkat lebih banyak. Makan kulit buah ini juga dapat menambah kadar serat yang masuk ke dalam tubuh yang mana serat akan membantu dalam proses metabolisme dalam saluran pencernaan, membantu menghindari terjadinya susah buang air besar atau sembelit, mencegah kanker usus. Serat atau fiber dalam buah naga juga bisa mencegah diare dan masalah pada pencernaan, juga bagus untuk diet sehat.
Kolesterol dan Lemak dalam buah naga

Buah naga mengandung sedikit kolesterol, dan memiliki jumlah minimal lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Kolesterol dalam buah naga berasal dari banyaknya biji yang ada di buah. Biji ini menambah lemak dan protein untuk buah, namun sebagian besar lemak dalam biji dari buah naga adalah jenis lemak yang baik yang disebut lemak tak jenuh tunggal.
Buah naga dan pengaruhnya pada Diabetes
Buah Naga dapat membantu mengontrol dan menurunkan kadar glukosa dalam darah pada beberapa orang yang mengalami penyakit diabetes tipe 2. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter tentang manfaat kesehatan buah naga untuk penyakit diabetes.
Kandungan Kalsium, Kalsium akan membantu tubuh dalam memperkuat tulang dan sendi serta kesehatan gigi
Beberapa manfaat dan khasiat lainnya dari buah naga untuk kesehatan antara lain :
  • Mampu menetralkan zat-zat beracun seperti logam berat.
  • Mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit darah tinggi
  • Memperbaiki penglihatan
  • Membantu mengurangi, melawan batuk dan penyakit asthma
by.e-medis

No comments: