Google
 

Monday, July 23, 2012

Kanker Rahim Apa Gejalanya

>

Gejala Kanker Rahim 
 
Glossary Link Kanker Glossary Link rahim menyumbang sekitar 15% dari semua jenis kanker pada wanita. Beberapa dari kanker adalah kanker uterin(rahim) dan 95% dari kanker rahim adalah Glossary Link endometrium. Untungnya kanker rahim endometrium dapat diobati dan dapat disembuhkan.  Ada beberapa jenis perawatan termasuk pilihan bedah, radiasi, Glossary Link kemoterapi dan obat-obatan.  Tergantung pada tatacara perawatan.


Sebelum pengobatan ada pengakuan dari dokter bahwa ada masalah dan harus diagnosis.   Gejala kanker yang paling umum adalah perdarahan pada Glossary Link uterus pasca menopause.  Banyak wanita menyadari hal ini sebagai tanda bahwa mungkin ada sesuatu yang salah dan mereka melakukan pemeriksaan medis.  Kabar baiknya adalah bahwa hanya 10-20% dari wanita yang menderita Glossary Link pendarahan pascamenopause memiliki pertumbuhan yang cepat dan ganas.

Evaluasi perdarahan abnormal yang cepat sering mengakibatkan diagnosis penyakit pada Tahap I yaitu kondisi yang diobati dan dapat disembuhkan. Kanker rahim didefinisikan sebagai neoplasma atau pertumbuhan abnormal Glossary Link sel-sel yang berada di dalam rahim.  Kanker endometrium adalah jenis kanker pada wanita pascamenopause. 

Faktor risiko Glossary Link kanker endometrium termasuk Glossary Link obesitas, tidak mempunyai anak atau Glossary Link infertilitas, Glossary Link menopause terlambat, Glossary Link estrogen, diabetes, Glossary Link hipertensi, diet lemak hewani yang tinggi dan Glossary Link terapi radiasi. Sebagai seorang wanita dengan usia diatas 50 tahun perdarahan pada postmenopause dapat meningkatkan keganasan kanker tersebut.  Gejala umum kanker rahim lainnya termasuk  nyeri saat buang air kecil atau ketika berhubungan seksual dan nyeri di daerah panggul.

Gejala lainnya pada wanita juga dapat termasuk keluarnya cairan dari vagina yang bernanah, pembuangan sel-sel mati berwarna buram tebal  dan menandakan adanya Glossary Link infeksi pada jaringan.  Gejala lain yang lebih lanjut adalah termasuk rasa sakit, kehilangan berat badan dan perubahan di dalam Glossary Link kandung kemih dan pola usus. Beruntung diagnosis yang diambil selama pemeriksaan fisik tahunan kurang dari 5% wanita memiliki gejala kanker endometrium.  Di sisi lain kanker serviks diangkat pada awal menggunakan Glossary Link PAP smear.  Dimana disaat wanita ditemukan adanya sel atipikal setelah menopause saat melakukan Pap smear harus diskrining untuk mengetahui jenis kanker uterus.

Gejala kanker rahim yang harus diketahui oleh semua wanita adalah mereka yang tidak memiliki histerektomi sebelumnya atau pengangkatan rahim.  Selama kanker masih pada Tahap I atau II kanker dan selama pasien menjalani pengobatan penyakit ini sering dapat diobati dan berpotensi dapat disembuhkan.

1 comment:

Agen Bola said...

bermanfaat tulisannya bang,,
di sekitar saya banyak yang mengalami gejala seperti itu,,
mungkin butuh sedikit info dari tulisan abang untuk orang di sekitar saya,,,
salam kenal...