Google
 

Friday, February 29, 2008

Awas Kebanyakan Gula Bikin Pikun!

>

Selama ini gula merupakan kambing hitam dari rusaknya lapisan gigi, serta penyakit diabetes. Tapi ternyata, kadar gula yang berlebih dalam tubuh seseorang juga dapat mengakibatkan pikun. Sebuah Studi dilakukan oleh Dr. Dongfeng Cao dan tim dari Universitas Alabama di Birmingham. Eksperimen mereka dilakukan terhadap dua ekor tikus. Tikus yang pertama diberi konsumsi air, sedangkan yang kedua diberi konsumsi air gula.

Setelah beberapa waktu, kedua tikus itu diberikan semacam tes pembelajaran memori. Tikus yang diberi konsumsi air gula ternyata memiliki gangguan memori (Alzheimer) lebih besar ketimbang tikus yang hanya mengkonsumsi air putih biasa. Dalam penelitian itu juga terungkap bahwa penurunan ingatan tikus yang mengkonsumsi air gula jumlahnya signifikan dibanding tikus yang lain.
Penelitian ini dibuat karena kenaikan konsumsi gula yang melonjak akhir-akhir ini. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membuat masyarakat mengontrol konsumsi gula mereka. Para peneliti belum menemukan hubungan antara penyakit diabetes dengan pertambahan resiko kepikunan. Namun mereka menyimpulkan mengontrol konsumsi makanan bergula merupakan langkah yang efektif untuk mengurangi resiko perkembangan penyakit Alzheimer juga pikun.

No comments: